Tugas PBO-C 3 : Membuat Abstraksi dan Modularisasi pada Jam Masjid

        Dalam merancang sebuah perangkat lunak, terdapat yang namanya pemrograman terstruktur. Tujuan membuat pemrograman terstruktur adalah membuat program lebih efisien dan lebih terorganisir serta memiliki notasi yang bagus sehingga dapat mempunya deskripsi yang benar dan jelas dan dapat memudahkan orang lain untuk mengkode ulang.

        Pemrograman terstruktur memiliki beberapa tahapan, yaitu Abstraksi dan Modularisasi. Kedua tahapan tersebut harus urut dan tidak boleh ada yang hilang. Pada pelaksanaannya, saya membuat pemrograman terstruktur dari Jam Masjid.

Abstraksi

        Abstraksi adalah bagaimana cara kita melihat suatu objek dalam bentuk yang sederhana. Dalam kata lain adalah bagaimana kita menggambarkan secara umum aplikasi yang akan kita buat tanpa perlu tahu komponen komponen rumit didalamnya. Berikut adalah abstraksi dari Jam Masjid yang akan saya buat.

Modularisasi
        Modularisasi adalah proses pembuatan class yang dibutuhkan dan data beserta type data yang diperlukan dalam sebuah program yang akan dibuat. Berikut adalah modularisasi class dari Jam Masjid yang saya buat.

 

Dan berikut ini saya lampirkan sourcecode dari program yang saya buat.

Sourcecode class main :


Sourcecode class informasi : 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 5 RK B

Tugas 7 PWEB D - AJAX

EAS PBO C - Game Catur 2D Multiplayer Simple