Tugas 3 RK B

Berlanjut dari tugas 2, dengan SKPL yang sama yaitu IT-SHOP. Saya akan membahas "Input Output Rekayasa Kebutuhan" sebagai lanjutan dari materi minggu lalu.

Input 

Existing Systems Information

Aplikasi yang dikembangkan berupa sistem berbasis web yang digunakan untuk untuk mengelola data-data mengenai proses bisnis penjualan komponen komputer dan pemesanan jasa servis online yang dilakukan toko IT-SHOP. Sistem ini tentunya memiliki target  Fitur yang dikembangkan berupa :

  1. Mengelola data barang termasuk promosi, harga dan spesifikasi.
  2. Mengelola data pembeli termasuk mengelola akun, melihat riwayat pembelian dan melakukan chat online.
  3. Mengubah status pemesanan, mengubah status pada pembelian, dan mengubah status teknisi servis
  4. Mengelola data rating dan review
  5. Mengelola data teknisi servis, melihat riwayat pekerjaan yang dilakukan serta rating dan review dari teknisi tersebut

Stakeholder Needs

Berikut adalah kebutuhan dari masing-masing stakeholder

Admin

  1. Admin dapat melakukan chat online
  2. Admin dapat mengubah status pemesanan
  3. Admin dapat melihat data pembeli 
  4. Admin dapat mengelola data barang
  5. Admin dapat mengelola promosi barang
  6. Admin dapat mengelola data teknisi servis
  7. Admin dapat melihat ulasan barang dan teknisi servis

Pembeli

  1. Pembeli dapat mengganti Detail Akun
  2. Pembeli dapat melakukan Registrasi Mencari barang
  3. Pembeli dapat memilih barang di wishlist 
  4. Pembeli dapat melakukan pembelian dan pemesanan jasa servis
  5. Pembeli dapat melakukan chat online
  6. Pembeli dapat melihat ulasan barang dan teknisi servis
  7. Pembeli dapat melakukan pembayaran
  8. Pembeli dapat mengisi form pembayaran
  9. Pembeli dapat melacak barang pembelian
  10. Pembeli dapat melihat Riwayat pembelian
  11. Pembeli dapat memberi ulasan barang

Teknisi Servis

  1. Teknisi servis dapat melihat pesanan jasa servis yang masuk
  2. Teknisi servis dapat melakukan chat online dengan customer
  3. Teknisi servis dapat melihat data dari pemesan jasa servis
  4. Teknisi servis dapat melihat rating dan reviewnya
  5. Teknisi servis dapat memasukkan data terkait servisnya

Organizational Standards

  1. Reliability, sistem dan aplikasi dapat digunakan dengan baik, 24/7 atau kapanpun, dan tidak mengalami crash.
  2. Availability, aplikasi dapat digunakan pada berbagai macam perangkat yang didalamnya terdapat website yang dapat mengakses internet.
  3. Security, data pembeli hanya dapat dilihat dan diubah oleh admin yang dibatasi oleh login. Beberapa fitur juga dibatasi untuk pelanggan.
  4. Maintainability, data penjualan dan pembeli dapat dilakukan perbaruan dan aplikasi dapat terus ditingkatkan layanannya.
  5. Portability, aplikasi dapat digunakan secara portable atau dimana saja dan dapat diakses ditempat manapun.

Regulations

Berikut adalah regulasi serta batasan-batasan dari hasil analisis kebutuhan sistem informasi :

  1. Aplikasi ini merupakan adaptasi daring daripada toko IT-SHOP yang berbasis di Surabaya.
  2. Sistem dapat mengelola data Pembeli, barang, dan teknisi servis
  3. Sistem dapat melakukan transaksi penjualan barang dan pemesanan jasa servis.
  4. Data dapat dikelola oleh admin.
  5. Perangkat harus terhubung dengan internet agar dapat mengakses aplikasi ini.
  6. Sistem dikatakan berhasil apabila proses transaksi dan penjualan barang berjalan dengan lancar.

Output

Agreed Requirements

Kebutuhan Fungsional

  1. sistem harus memvalidasi email pembeli
  2. sistem harus melakukan validasi shipping address dari pembeli
  3. sistem harus memvalidasi alamat dengan benar
  4. sistem harus mampu memperbarui data stok barang secara realtime 
  5. sistem mampu mencatat riwayat pembelian pengguna
  6. sistem mengizinkan pengguna untuk memberikan ulasan produk setelah membeli
  7. sistem harus menampilkan riwayat order dari pembeli
  8. sistem harus menampilkan rating atau review terhadap suatu produk
  9. sistem harus menampilkan deskripsi produk yang jelas
  10. sistem harus memiliki foto produk yang lebih beragam

Kebutuhan Non-Fungsional

operational

  • sistem harus dapat ditampilkan dengan baik di semua browser (cross-device)
  • sistem harus terintegrasi dengan bank, jasa ekspedisi, dan juga layanan geolocation

 performance

  • situs harus dapat ditampilkan dengan baik dibawah 3 detik
  • tiap action pada sistem harus selesai sebelum 2 detik

security

  • sistem memastikan role masing masing user (pembeli, penjual, dan teknisi)
  • sistem memberikan captcha pada form login dan daftar

cultural/political

  • data pribadi pengguna tidak boleh disebarluaskan

System Spesifications

Sistem memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Server

  • Sistem Operasi: Windows
  • Web Server: Apache
  • Scripting Language: HTML, CSS, dan PHP
  • DBMS: MySQL

Client

  • Sistem Operasi: Windows, Linux, MacOS, Android, iOS
  • Web Browser: Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 5 RK B

Tugas 7 PWEB D - AJAX

EAS PBO C - Game Catur 2D Multiplayer Simple