Tugas 2 RK B
Anggota Kelompok :
- Fajar Satria (05111940000083)
- Fiodhy Ardito (05111940000218)
Kami mengambil studi kasus dari SKPL Jual beli komponen komputer dan jasa servis online IT-SHOP yang ada dibawah ini
Elicitating (Elisitasi)
Elicitating adalah salah satu proses yang berfokus untuk memahami kebutuhan atau permasalahan dari pihak-pihak terkait. Berikut beberapa kebutuhan yang didapatkan dari hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait:
- Pemilik Toko
- Ingin meningkatkan penjualan produk elektronik
- Menjangkau pengguna-pengguna yang berada jauh dari lokasi toko
- Menyediakan jasa servis komputer untuk menjual produk elektronik
- Mendapatkan data penjualan secara berkala dan lengkap
- Mendapatkan kepercayaan dari customer melalui record penjualan / ulasan
- Admin
- Kesulitan untuk mengontrol dan mencatat data dan ketersediaan produk elektronik yang dijual
- Membalas ulasan dan keluhan dari pengguna
- Teknisi Servis
- Kesulitan mendapatkan customer
- Kesulitan membangun kepercayaan dan kemanan terhadap customer
- Pengguna Jasa Servis
- Kesulitan mencari teknisi servis yang ahli
- Takut ditipu ketika komputer sedang diservis
- Enggan untuk membawa komputer ke tempat teknisi
- Pembeli Perangkat Elektronik
- Kesulitan mencari produk dengan spesifikasi dan merek tertentu
- Enggan mendatangi toko fisik secara langsung karena jarak yang jauh
- Takut produk yang ingin dibeli tidak sesuai, takut tertipu, dan takut dikirim terlalu lama
- Customer (Umum)
- Dapat melakukan pembayaran melalui berbagai layanan pembayaran
Understanding (Memahami)
Setelah memahami poin dari elicitation sebelumnya, didapatkan bahwa sistem perlu mendukung hal berikut:
- Pemilik toko dapat melihat laporan penjualan
- Pemilik toko dapat melihat laporan pemesanan jasa servis
- Pemilik toko dapat melihat perkembangan penjualan dan pemesanan jasa servis setiap harinya
- Admin dapat melakukan pengolahan terhadap user
- Admin dapat melakukan pengolahan terhadap pemesanan jasa servis
- Admin dapat melakukan pengolahan terhadap produk yang dijual
- Admin dapat melakukan pengolahan terhadap rating dan review yang menyimpang
- Admin dapat melakukan pengolahan terhadap suatu transaksi
- Teknisi servis bisa mendapatkan informasi pemesanan jasa servis yang tervalidasi
- Teknisi servis dapat menghubungi pengguna jasa servis dengan mudah
- Pengguna Jasa servis bisa melakukan pemesanan dengan mudah
- Pengguna jasa servis bisa berkomunikasi dengan teknisi servis
- Pengguna jasa servis bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan fleksibel
- Pembeli dapat melihat produk yang diinginkan
- Pembeli dapat memesan produk yang diinginkan
- Pembeli dapat berkomunikasi dengan toko
- Pembeli dapat menambahkan dan mengubah review dari sebuah produk
- Pembeli dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan fleksibel
Specifying (Menspesifikasi)
Dari hasil memahami kebutuhan sistem, didapatkan spesifikasi perangkat lunak yang akan dibuat.
- Sistem harus dapat berjalan pada perangkat, provider, dan web browser apapun melalui jaringan internet
- Sistem harus terintegrasi dengan bank, jasa ekspedisi, dan juga layanan geolocation
- Sistem harus memastikan role masing masing user (pembeli, penjual, dan teknisi)
- Sistem harus dapat menampilkan data produk, data rating dan review
Validating (Memvalidasi)
Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menguji dan memvalidasi apakah sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna:
- Tahap pertama: Mendiskusikan rancangan sistem online dengan stakeholder.
- Tahap kedua: Melakukan unit testing, integration testing, dan functional testing pada aplikasi yang sedang dikembangkan.
- Tahap ketiga: Evaluasi masalah yang terjadi pada testing dan melakukan perbaikan untuk menghindari masalah serupa.
- Tahap keempat: Mendeploy sistem online dan melakukan maintenance sistem secara berkala.
Output
- Sistem informasi pemesanan produk elektronik untuk komputer dan jasa servis komputer
Komentar
Posting Komentar